Pertolongan Pertama Pada Penderita Kejang (Terutama Anak)


GelangStep.Net - Kejang itu artinya kaku tubuh. Sementara step atau ditulis stuip adalah kejang yang terjadi karena kenaikan suhu tubuh di atas 380 derajat celcius. Sebab kejang terjadi adalah karena adanya proses ektrakranium (di luar rongga tengkorak).

Kejang demam biasanya timbul akibat suhu badan yang meninggi (demam). Demamnya sendiri dapat disebabkan oleh pelbagai faktor, yang paling utama dan banyak terjadi adalah infeksi. Demam anak usai ia melakukan imunisasi juga bisa menyebabkan kejang demam.

Penyebab penyakit step/kejang:
Setiap penyakit dari tubuh yang mengganggu fungsi kerja otak berpotensi menyebabkan menyebabkan demam yang bisa berakibat pada kejang-kejang. Contoh, antara lain adalah trauma lahir, trauma kepala, tumor otak, perdarahan otak, radang otak, hipoksia (kekurangan oksigen dalam jaringan), gangguan peredaran darah, gangguan elektrolit, alergi, gangguan metabolisme, keracunan obat/zat kimia, faktor keturunan serta cacat bawaan.

Gejela kejang bisa dideteksi dengan beberapa hal berikut:
  1. Terjadi gerakan gerakan kejut tubuh.
  2. Tubuh tiba-tiba mengejang/kaku.
  3. Mata terbelalak ke atas.
  4. Gigi terkatub kuat dan bersuara.
  5. Muntah, tidak sadarkan diri dan berhenti bernafas (kadang-kadang)

Jika di samping Anda sedang terjadi orang kejang dengan ciri-ciri demikian, maka pertolongan pertama dalam mengatasi nya adalah:
  1. Paling awal, buka baju si penderita dan jendela rumah agar korban kejang-kejang itu tidak merasa gerah dan karena ia mendapatkan udara segar dari luar. Jika perlu, baringkan penderita kejang di atas lantai.
  2. Buka mulut (gigi) dan masukkan sendok makan supaya penderita tidak menggigit lidahnya sendiri.
  3. Oleskan alkohol 70% menggunakan telapak tangan ke seluruh tubuh kecuali muka. Jangan lupa memberinya kipas angin di samping agar tetap nyaman tubuhnya. 
  4. Jika tidak ada alkohol, Anda juga bisa menolong penderita dengan cara ambil handuk, lalu celupkan ke air kamar mandi, peras sedikit, lilitkan handuk ke tubuh penderita. Sebaiknya, Anda melakukan hal tersebut secara berulang-ulang sampai tubuhnya tenang.
  5. Pada bagian yang panas, misalnya di sekitar leher berikan lap basah agar suhu tubuh penderita menjadi turun.
  6. Jika suhu tubuh si penderita sudah menurun dan tidak kejang lagi, bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan selanjutnya.
Cara mengatasi kejang anak tanpa panik:
  1. Tarik nafas pelan, lalu pindahkan anak ke tempat yang aman seperti kasur dan lantai dan jauh dari benda-benda yang berbahaya.
  2. Segera longgarkan pakaiannya dan lepas semua yang menghambat saluran pernafasan sang anak.
  3. Miringkan tubuhnya ketika mulutnya mengeluarkan air liur akibat produksi liur berlebih karena syaraf pengatur kelenjar air liur anak sedang tidak terkontrol. Lakukan ini hingga air ludah tidak menumpuk sehingga menutupi saluran nafas anak. 
  4. Kompres dengan kain yang telah direndam dengan air hangat, jangan menggunakan air dingin terutama air es. Demam kok dikasih es, akan kaget tubuh anak
  5. Jangan memasukkan apapun ke dalam mulut sang anak selama dia masih kejang-kejang, walaupun memberinya obat obat. Ini belum waktunya memberi anak obat kejang.
  6. Gunakan obat penghilang kejang yang disarankan oleh dokter. 
  7. Agar kejang tidak terulang, bila perlu, silakan pakai aksesoris penetralisir kejang demam anak, namanya gelang step. Anda bisa pesan dengan mengisi formulir pemesanan berikut ini.